22/09/17

Konsep Smart Planet (Smarter Planet)

Beberapa tahun belakangan ini cukup marak perbincangan mengenai SMART CITY khususnya di Indonesia bagian barat. Namun untuk kali ini kita tidak akan membahas detail terkait konsep yang dimiliki oleh smart city. Sebaliknya, kita ingin menjabarkan asal mula adanya konsep smart city yang mulai ramai diperbincangkan.


Pada dasarnya smart city sudah mulai marak diperbincangan di negara-negara maju yang ada di dunia. Bahkan beberapa negara maju sudah banyak yang mengaplikasikannya secara bertahap. Secara konsep smart city sendiri terdiri dari banyak aspek atau element pembangun yang berperan penting sebagai fondasi tercapainya smart city. Namun bila kita telusuri ke atas, smart city sendiri merupakan aspek, bagian, atau element penting dari penerapan konsep teknologi SMART PLANET (Smarter Planet). Apakah smart planet itu ?

Kembali ke tahun 2008, konsep smart planet sendiri sebenarnya mulai di gagas oleh perusahaan ternama di amerika yaitu IBM. Dari gagasan tersebut IBM melakukan pembagian aspek yang salah satunya dikatakan sebagai smart city. Smart planet sendiri memiliki aspek penting yang menjadi fokus dalam penerapannya seperti teknologi water management, smart grids, traffic problems, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan penjabaran smart planet yang universal diperuntukkan untuk lingkup yang besar seperti aspek bisnis, aspek pemerintahan, aspek sosial, serta aspek lain. Untuk dapat mengimplementasikan teknologi smart planet tentu harus dimulai dari smart city dahulu. Hal ini tentu karena untuk dapat mensukseskan smart planet dibutuhkan waktu dan proses yang bertahap. Selain itu di dalam smart city sendiri memiliki komponen-komponen penting dibawahnya yang harus sukses dilaksanakan terlebih dahulu. Seperti contohnya dalam hal manusia, pelayanan publik, hingga pemerintahan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Bahasa

Subscribe Us

Visitor

Popular Posts