24/09/17

Memahami Konsep Dasar CMS (Content Management System)


CMS merupakan singkatan dari Content Management System. Secara definisi CMS adalah sebuah software web yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengelola konten pada sebuah website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Penggunaan CMS tentu sangat membantu bagi teman-teman pemula atau orang awam sekalipun untuk dapat membuat sebuah website dengan cepat dan mudah.

Di dalam CMS, semua manajemen file sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan di desain secara terpisah. CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis web seperti website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas, portal, galeri foto, aplikasi e-commerce / Toko Online, blog, dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh CMS yang banyak dipergunakan dalam berbagai macam website.

1. WordPress
CMS ini dapat dikatakan dalam kategori blog namun beberapa penggunanya juga menggunakan sebagai CMS website, selain itu jumlah penggunanya juga sangat tinggi. Keunggulannya adalah dari kelengkapan fitur dan layanan yang dimiliki. Link : WordPress

2. Joomla
Joomla banyak digunakan untuk membuat sebuah website company profile, personal, web sekolah, hingga took online. CMS ini di khususkan untuk membangun website yang powerfull. Namun bila dibandingkan dengan WordPress, CMS ini memiliki tingkat kerumitan (kompleks) yang tinggi.

3. Drupai
Drupai dapat membuat berbagai jenis web mulai dari blog sederhana hingga forum online dengan komunitas yang besar. Desain CMS ini memang tidak sebagus Joomla, akan tetapi CMS ini sangat mudah untuk di customize. CMS ini juga memiliki beberapa modul tambahan yang menarik.

4. Aura
Aura merupakan salah satu CMS hasil karya anak bangsa. Namun dari segi penggunaan aura masih memiliki banyak kelemahan yang nantinya bisa ditingkatkan untuk kedepannya.

5. Opencart
CMS ini dapat digunakan untuk pengelola website toko online (jual beli online) yang saat ini ramai di dunia maya.

6. Prestashop
Sesuai namanya CMS ini juga diperuntukkan untuk website e-commerce atau toko online (jual beli online).

7. Moodle
Untuk CMS ini diperuntukkan sebagai website e-learning yang banyak diterapkan di lingkungan sekolah atau universitas.

CMS di atas hanya beberapa contoh yang hingga saat ini banyak digunakan, namun selain contoh tersebut masih cukup banyak CMS lain yang juga bisa dijadikan refrensi untuk dipergunakan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Bahasa

Subscribe Us

Visitor

Popular Posts