24/08/17

Pengertian Steganografi (Steganography)


Menurut wikipedia "Steganografi" adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain si pengirim dan si penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Kata "steganografi" berasal dari bahasa Yunani steganos, yang artinya “tersembunyi atau terselubung”, dan graphein, “menulis”.

Secara sederhana, steganografi dapat dikatakan sebagai teknik kamuflase suatu pesan yang telah disembunyikan sedemikian rupa agar tidak diketahui oleh orang lain (selain pengirim dan penerima). Di sisi lain ada istilah kriptografi, namun apakah perbedaan dan kesamaan antaran steganografi dan kriptografi ?

Steganografi lebih condong terhadap menyembunyikan suatu pesan atau informasi agar tidak dapat dilihat ataupun diketahui. Sebaliknya,kriptografi lebih ke arah menyamarkan arti dari suatu pesan, namun tidak menyembunyikannya.

Dalam penerapannya, steganografi membutuhkan 2 objek yaitu media penampung dan media pesan. Media penampung biasanya berupa gambar, audio, video, hingga teks. Sedangkan media pesan biasanya berupa informasi, artikel, kode, dan hal rahasia lainnya. Salah satu contoh sederhana penggunaan steganografi adalah dengan menyamarkan suatu warna huruf pada suatu gambar agar tidak mudah terlihat.

Sama seperti kriptografi, steganografi biasanya juga digunakan dalam dunia militer, security, hingga teroris. Namun steganografi memiliki keunggulan yaitu tidak menimbulkan kecurigaan bagi pengirim pesan (penyampai pesan) sehingga kerahasiaan dan proses penyampaian pesan lebih terjamin.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Bahasa

Subscribe Us

Visitor

Popular Posts